Senin, 19 Maret 2012

Artificial Intelligence



1.       Sebutkan 6 macam bidang aplikasi AI dan untuk setiap bidang sebutkan 1 contoh penerapan dan pemanfaatannya menjadi produk yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Jawab :
1)      Robotics : Asimo-Honda, 
2)      Image Diagnosys :  
a.       Mendeteksi retina mata
b.      Mendeteksi struktur wajah
c.       Trafficligth Automatic
d.      Translation pengenal gambar wajah (seperti yang ada di picasa google)
3)   Medical Diagnosys:
a.       Untuk  mendeteksi golongan darah berdasarkan citra foto bercak darah yang digunakan dibidang kedokteran.
b.      Untuk mendeteksi kanker, atau penyakit bagian dalam pada manusia yang digunakan dibidang kedokteran atau rongen tulang, rongen bagian tubuh dalam.
4)      Expert Systems : banyak digunakan pada perusahaan Oil dan Gas untuk mengetahui jumlah gas atau oil yang terdapat di pusat bumi,
5)      Constraint Programming : ILOG, GPS (Gllobal Positioning System)
6)      Video Games : dotA, Counter Strike

2.      Mengapa acting humanly lebih sulit dibandingkan dengan acting rationally?
Jawab: karena dalam membuat acting humanly, diperlukan acting rational yang dimana acting rational tersebut mencari keputusan terbaik berdasarkan pengetahuan yang dimasukkan, tanpa didasari pemahaman.

3.      Apa tujuan dari test turning? Jelaskan bagaimana makanisme test turing.
Jawab:
Tujuan dari test turing adalah Untuk membuat interaksi fisik antara manusia dengan mesin seperti halnya berinteraksi dengan manusia itu sendiri.
Mekanisme test turing adalah:
1.      Computer diberi pertanyaan oleh interrogator.
2.      Kemampuan yang dibutuhkan : pengolahan bahasa alami, representasi pengetahuan, penalaran otomatis, learning.

Mesin berkotegori cerdas jika interrogator tidak bisa membedakan response dari manusia atau mesin.

4.      Apa keuntungannya jika teknologi telah mencapai kemampuan untuk bisa menagakses otak secara langsung dengan high bandwith?
Jawab: 
Manusia akan dapat menjalankan mesin dengan cara memikirkan nya saja, dan mesin dapat dikendalikan oleh manusia untuk dapat melakukan pekerjaan yang sulit sekali pun, dengan cara memikirkannya. Dan mempermudah pekerjaan manusia.

5.      S/W aplikasi untuk mendeteksi golongan darah berdasarkan citra foto bercak darah termasuk implemantasi dari bidang …… dari AI
Jawab : Medical Diagnosis Analisys

6.      Sebuah situs yang bisa menjadi media konsultasi online tanpa antrian karena dilayani s/w, bagi para ibu-ibu muda yang mengalami kesulitan dengan balita-balita nya merupakan penerapan AI bidang ….
Jawab : Medical Diagnosis Analisys

7.      Dimanakah letak kecerdasan dari perangkat GPS yang sekarang banyak dijual dipasaran dan dipakai banyak orang?
Jawab :
Di dalam GPS memiliki sensor (panas, suara, gerak, dll). Dimana sensor ini yang memberikan informasi ke computer yang telah diberi AI (s/w aplikasi), dan memprosesnya sehingga dapat mengetahui letak suatu daerah/ peta, jalur transportasi yang akan dituju dll. GPS sekarang ini banyak di pakai pada perusahaan jasa pengiriman barang, paket, import, eksport baik melalui darat, udara, atau pun laut, yang bertujuan untuk megetahui letak moda transportasi barang tersebut, dan untuk memperkecil keterlambatan barang sampai, serta memperkecil kecurangan yang dilakukan oleh pembawa moda transportasi tersebut.

8.      Pada sebuah produk AC yang bisa menyesuaikan suhu yang dikeluarkan dengan kondisi ruangan (missal kalau tidak ada orang di ruangan itu, AC tersebut  akan mati sendiri)
Cerdaskan C tersebut?  Bagimana kira-kira mekanisme implementasinya?
Jawab :
Refrigerasi dan AC digunakan untuk mendinginkan produk lingkungan atau ruangan. Sistem refrigerasi atau AC adalah memindahkan panas dari tangki reservoir rendah energi yang lebih dingin ke tangki reservoir energi tinggi yang lebih hangat.

Implementasi Produk AC yang bisa menyesuaikan suhu yang dikeluarkan dengan kondisi tidak ada orang diruangan tersebut, maka AC tersebut akan mati dengan sendiri adalah karena pada AC memerlukan inputan berupa data yang dapat terbaca oleh alat yang dinamakan sensor (panas, suara, gerak, dll). Sensor ini memberikan informasi ke computer yang telah diberi AI (s/w aplikasi), dan memprosesnya sehingga computer atau AI tersebut akan memerintahkan AC untuk melakukan tindakan yang rasional (tergantung kebutuhan/instruksi pada aplikasi tersebut). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar